Derap Nusantara

AGI: Gim Nasional Berhasil Tembus Pasar Internasional

Newswire
Sabtu, 17 Agustus 2024 - 07:07 WIB
Maya Herawati
AGI: Gim Nasional Berhasil Tembus Pasar Internasional Ketua Asosiasi Game Indonesia (AGI) Cipto Adiguno (kiri) dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Kamis (8/8/2024). Antara - Sinta Ambar

JAKARTA—Ketua Asosiasi Game Indonesia (AGI) Cipto Adiguno mengatakan, sejumlah gim asal Indonesia telah mampu melenggang di pasar internasional yang meliputi Uni Eropa hingga Amerika Serikat.

“Sejumlah gim Indonesia sukses di internasional terutama di pasar bara seperti Amerika Serikat dan Eropa,” ujar Cipto saat ditemui di Jakarta, Kamis (8/82024).

Namun demikian, pihaknya turut mencatat adanya pasar potensial di kawasan timur yakni, China. Ia mengakui gim asal Indonesia mulai digandrungi pasar global.

“Jadi cukup anak negara yang menyukai gim-gim kita dan menunggu atau bahkan secara antusias mencari gim buatan Indonesia yang baru,” ujarnya pula.

Adapun genre atau aliran gim Indonesia yang banyak diminati pasar luar negeri meliputi genre horor, relaks, serta novel visual.

Menurutnya gim dengan genre relaks dan horor merupakan gim Indonesia yang diketahui mendulang kesuksesan.

Meski demikian, pihaknya juga mengakui bahwa ada beberapa tantangan dalam berkompetisi dengan pengembang gim luar negeri, yakni persoalan yang berkaitan dengan pendanaan.

Namun demikian lewat dukungan pemerintah lewat promosi dan publikasi ia yakin dapat membuat para investor atau calon mitra mampu menunjukkan minat untuk menjalin kerja sama.

Adapun hari ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan serta perayaan Hari Gim Indonesia 2024 hari ini menjadi sebuah bentuk realisasi percepatan pengembangan industri gim nasional.

“Hari ini merupakan salah satu milestone dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional. Hari ini dirayakan sebagai Hari Gim Indoesia yang oleh diusulkan teman-teman asosiasi gim waktu itu,” ujar Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Prouk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Kamis.

Peluncuran Hari Gim indonesia, lanjut dia, menjadi salah satu pencapaian untuk mengembangkan dan memperkuat industri gim nasional yang hingga kini tercatat Indonesia telah memiliki delapan gim lokal yang ke depan akan dipromosikan. ANTARA

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement